6:16 PM

Serangga Tomcat - Cara Mengobati Serangan Tomcat

Serangga Tomcat - Cara mengobati Serangan Tomcat. Serangga Tomcat sering disebut sebagai semut kanai atau semut kayap. Mengapa diberi nama tomcat?.. Kumbang ini sejatinya merupakan spesies kumbang Paederus fuscipes. Banyak masyarakat yang menyebutnya dengan "Tomcat" karena bentuknya yang menyerupai pesawat tempur Tomcat F-14. Nama tomcat sendiri sebenarnya di luar negeri merupakan merek produk pengontrol populasi hewan pengerat dan produk lem semut. Tomcat juga merupakan produk pestisida.

serangga tomcat

Kumbang tomcat dalam bahasa Inggris juga sering disebut rove beetle. Jenis kumbang ini mencakup famili Staphylinidae, terdiri dari ribuan genus dan kurang lebih 46.000 spesies. Spesies Paederus fiscipes adalah salah satu jenis kumbang yang masuk dalam genus Paederus. Totalnya, ada sekitar 12 spesies yang masuk genus tersebut.

Ciri-ciri serangga ini adalah memiliki kepala warna hitam, dada dan perut berwarna oranye, dan sayap kebiruan. Warna mencolok berfungsi sebagai peringatan bagi predatornya, bahwa serangga ini punya racun. Ukurannya sekitar 7-10 mm.

Tomcat biasa hidup di persawahan. Pada siang hari, serangga ini biasa terbang di tanaman padi untuk mencari mangsa berupa wereng dan hama padi lainnya. Sebenarnya kumbang tomcat ini atau Paederus fuscipes adalah serangga yang bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi.

Cara Pengobatan Jika terkena Serangga Tomcat

cara mengobati serangan tomcat

Siapapun bisa terkena serangga Tomcat yang memiliki habitat di persawahan dan hutan atau taman kota. Jika anda terserang serangga ini bagaimana cara mengobatinya?..

  1. Jika anda bersentuhan dengan kumbang ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air.
  2. Jika kena serangga ini, maka kita harus cuci dengan air sabun agar menetralisir racun. 
  3. Pengobatan tambahan bisa dilakukan dengan memakai salep Hydrocortisone 1 persen, salep Betametasone dan antibiotik Neomycin Sulfat 3 kali sehari, atau dengan salep Acyclovir 5 persen.
  4. Yang lebih berbahaya adalah jika sampai terjadi infeksi sekunder. Jadi jangan sampai terjadi luka karena kuman akan masuk.

Itulah tadi beberapa cara mengobati  serangan tomcat. Bagi sobat yang terkena ini silahkan menggunakan cara yang telah dijelaskan diatas dan jika perlu silahkan bawa saja ke dokter. Sekian dulu postingan dari cerita unik yang menceritakan tentang serangga tomcat dan cara mengobati gigitan serangga tomcat, semgao bisa bermanfaat ya.